AKU DAN DAMERIA: DEBUT SINGLE DAN EKSPRESI

dameria, endrotrilaksono.com

Alhamdulillah, pada tanggal 19 Januari 2018, akhirnya aku punya rilisan sendiri. Sebuah lagu instrumental yang aku beri judul Dameria. Banyak yang bertanya apa arti Dameria, karena itu bukan kata dari bahasa negeri tertentu, aku bingung juga untuk menjelaskan. Begini, Dameria adalah nama belakang dari seseorang yang aku kenal. Seseorang yang memberikan banyak arti kepada kehidupanku, terutama pada hal spiritual. Biasanya, nama belakang Dameria sering dipakai oleh wanita bersuku Batak. Tapi, wanita yang aku maksudkan namanya, bukan berdarah Batak.  Nama Dameria diberikan oleh Ayahnya dengan niat membuat sebuah akronim, Damai dan Sukaria.

Selain arti judul, banyak juga yang bertanya tentang cerita yang coba disampaikan oleh lagu Dameria. Karena instrumental, tidak banyak yang bisa memaknai. Mayoritas menganggap lagu itu cuma tentang kegalauan belaka. But, ga cuma itu, bagiku. Ini tentang duka dan syukur yang menjadi satu. Bagaimana duka dan syukur dikombinasikan? Nah, itu kerumitannya. Kerumitan itu coba aku sampaikan lewat kombinasi instrument yang terkesan chaos. Drum yang monoton, piano yang syahdu, part bass yang seolah menyela dan tidak sejalur dengan ritme. Apa yang aku ceritakan lewat Dameria memang serumit itu. Gampangnya, aku bisa sebut itu Harmony in Chaos. Maaf jika aku tidak bisa memberikan pesan dari Dameria dengan lebih jelas dan gamblang. Aku ingin para pendengar punya interpretasinya sendiri-sendiri terhadap Dameria.

Masih sangat banyak kekurangan, aku akui, terutama part saxophone-nya. Aku harap aku bisa me-remake Dameria suatu hari nanti. 

19 Januari adalah hari kelahiran si empunya nama. Tapi, lagu ini tidak hanya kutujukan kepadanya saja, melainkan ke semua pendengar. Aku ingin menyampaikan bahwa hidup kadang se-chaos lagu Dameria. Dan di tulisan ini, aku tidak mencoba memberi kode kepada si empunya nama karena aku tidak bermain dengan kode. Kode mengandung chaos dan kesalahpahaman. Nyaw!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *